Jumat, 02 April 2010

Website Pondok Kahfi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Tempat wisata merupakan tempat yang banyak di kunjungi pada waktu tertentu. Terutama waktu libur, tempat wisata beraneka ragam, mulai dari yang menyediakan berbagai fasilitas yang sederhana sampai penyedian tempat penginapan. Namun keberadaan tempat wisata biasanya cukup jauh dari parumahan biasanya, karena umumnya tempat wisata selalu memilih tempat yang strategis baik letak taupun bangunannya. Untuk itu cukup sulit untuk dapat mendatangi tempat wisata satu- demi satu. Oleh karena itu untuk mencari tempat wisata ataupun penginapan sekarang dapat di lakukan hanya dengan mengakses situs internet, dengan demikian hal tersebut dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus datang ke tempat yang bersangkutan untuk melihat maupun melakukan pemesanan.
Dalam persaingan perdagangan saat ini, pemilik tempat wisata saling berlomba untuk memasarkan produk mereka ke masyarakat luas. Berbagai upaya dilakukan untuk mempromosikan produknya, Bermacam-macam kegiatan promosi telah dilakukan, namun informasi yang di peroleh masyarakat masih kurang efektif karena penyampaiannya hanya melalui mulut ke mulut selain itu pula jarak yang cukup jauh menjadi kendala karena untuk menempuhnya memerlukan waktu yang lama .
Kegiatan promosi tersebut tidak bertahan lama, begitu juga dengan kegiatan promosi seperti spanduk yang harus diturunkan kerena masa pemasangannya telah habis lalu selebaran dan pampflet yang rusak karena dirobek ataupun terkena air hujan. Oleh karena itu dengan adanya website tentang tempat wisata, sangat merpermudah masyarakat luas untuk mengetahui keberadaan tempat wisata dengan fasilitas lengkap yang ada di dalamnya serta pemesanannya dapat dilakukan secara online.

1.2 Batasan Masalah
Penulisan ini dibatasi hanya mengenai pembuatan web “pondok_kahfi” mulai dari penyediaan informasi tentang profil, fasilitas, tipe kamar, harga kamar, booking kamar, dan pembayaran kamar yang tidak online. Penulisan hanya membahas teori-teori macromedia dreamwaever 8 dan my SQL yang mendukung perancangan website ini.

1.3 Tujuan Tulisan
Tujuan tulisan ilmiah ini adalah merancang suatu situs sebuah penginapan untuk memberikan informasi tentang harga kamar, tipe kamar, dan memudahkan pelanggan untuk memesan secara online.

1.4 Metode Penulisan
Data-data diperoleh melalui buku-buku referensi yang menunjang pembahasan materi penulisan ilmiah ini, Dengan kata lain untuk membuat tugas ini metode yang digunakan adalah Studi Pustaka dan dari situs – situs yang berhubungan dangan masalah tersebut.


1.5 Sistematika Penulisan
Penulisan ilmiah ini terdiri dari empat bab, yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya dengan bab sebelumnya.
Adapun gambaran mengenai bab-bab tersebut adalah sebagai berikut :

1. PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah yang melandasi pembuatan tulisan ilmiah ini disertai dengan batasan-batasan masalah tulisan, tujuan tulisan, metode tulisan serta sistematika tulisan.

2. TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan tulisan antara lain macromedia dreamerweaver 8 sebagai web editor, Apache sebagai web server, php sebagai action script, my sql sebagai web database, dan phpmyadmin yang memungkinkan pengadministrasian database mysql.

3. ANALISA DAN PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang sejarah singkat pondok_kahfi, Struktur organisasi, membuat organisasi garis besar situs, perancangan website, memilih dan menyiapkan tools, penyiapan server, implementasi halaman web, penggabungan desain dengan pemrograman web berupa listing program, dan mempublikasikan di server web.

4. KESIMPULAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dari semua bahasan dalam penulisan ilmiah ini


BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Pondok_kahfi merupakan salah satu website yang bertujuan untuk sarana informasi online yang interaktif berbasis internet dimana pangunjung dapat melakukan pemesana kamar secara online. Pengunjung juga dapat mengisi buku tamu dan mencari informasi yang berhubungan dengan pondok_kahfi.
Tampilan di buat sesederhana mungkin, yang di harapkan dalam penggunaannya tidak memberikan kesulitan bagi para pengunjung yang ingin mempergunakan website ini sebagai sarana pemasran online.

4.2 Saran
Pembuatan website ini masih banyak kekurangannya, diantaranya adalah dari sisi multimedia design. Aplikasi ini tidak menyertakan multimedia design dalam pembangunan dan proses pembuatannya Dengan adanya implementasi komponen-komponen multimedia seperti animasi, aplikasi ini bisa memberikan kepuasan bagi para usernya.
Oleh karena itu perlu banyak dilakukan pengembangan dan penambahan animasi, Penulis membutuhkan lebih banyak saran, serta lebih banyak mencoba lagi maka, dibutuhkan lebih banyak ilmu lagi yang mungkin bisa didapatkan dari orang–orang yang lebih berpengalaman dalam pembuatan website, serta banyak membaca buku agar dapat mengembangkan website ini menjadi lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar