Rabu, 21 April 2010

Semua balik kepada diri sendiri

Manusia memang merupakan makhluk sosial, membutuhkan orang lain, butuh bersosialisasi dan pasti berinteraksi dengan banyak oarang. seperti yang kita ketahui hidup itu memang tak bisa sendiri, untuk itu dalam hidup kita harus memiliki sikap toleransi yang tinggi karena dikehidupan kita di tempatkan pada bemacam orang yang memiliki karakter, sikap bahkan pendapat yang berbeda.
Hal tersebut sudah merupakan kejadian yang alami karena setiap kepala pasti memiliki isi yang berbeda pula. dalam hidup bemasyarakat sosialisasi sangat dibutuhkan untuk mempererat hubungan antar sesama, itu yang biasa di sebut hablul minan nas yaitu hubungan dengan manusia.
Namun disisi lain kita juga harus menjalin hubungan dengan pencipta kita yang biasa di sebut hablul minallah, dimana hubungan hamba dengan tuhanya. dalam hubungan ini tidak berlaku lagi sikap bersosialisasi, berkelompok karena dalam hubungann ini bersifat individu dimana seseorang yang harus mempertanggung jawabkan perbuatannya sendiri. ternyata tidak semua hal yang bisa dilakukan dengan bersosialisasi karena faktanya untuk urusan kita nantinya memang kita sendiri yang harus mempertanggung jawabkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar